Analisis Mitos dan Pengalaman Estetis dari music video JVKE - golden hour

[Kajian Seni Rupa Desain]




Halo kembali lagi dengan saya Diana Herfryta. Masih bahas Semiotika nih, tapi kali ini pake teori Semiotika dari Roland Barthes. Sebelum lanjut emang apasih pengertian semiotika itu sendiri menurut Roland Barthes? Menurutnya, Semiotika adalah ilmu yang digunakan untuk memaknai suatu tanda, yang mana bahasa juga merupakan susunan atas tanda-tanda yang memiliki pesan tertentu dari masyarakat. Tanda di sini juga dapat berupa lagu, dialog, not musik, logo, gambar, mimik wajah, hingga gerak tubuh.

Dengan kita menganalisis menggunakan teori Semiotika Roland Barthes ini kita dapat menginterpretasikan dari segi makna yaitu dengan makna denotasi, konotasi serta mitos. Karena teori Semiotika menurut barthes yaitu digunakan untuk memaknai sebuah tanda, tanda yang akan di analisis kali ini berupa lagu, di dalam lagu juga terdapat seni karena seni tidak hanya ada pada lukisan saja melainkan sekarang seni banyak terdapat pada musik video, lirik lagu.

Hasil Analisis 

Mitos :
Menikmati saat saat paling bahagia momen indah tak terlupakan

Pengalaman estetis :
Saya sangat ingat waktu itu saya mendapat tugas UAS mata kuliah fotografi pada semester 3, tugasnya memotret dengan tema objek golden hour, rencana nya akan mengambil objek sunset. Pada proses pemotretan tentu tidak mudah untuk mendapatkan hasil foto golden hour yang cantik tentunya, dan juga dengan kondisi musim hujan pada saat itu. Saya mengerjakan tugas tersebut secara tim dengan anggota 3 orang sudah termasuk saya. Tempat pengambilan foto waktu itu di gedung perpusnas lantai 24 alias lantai paling atas. ada dua pilihan pada waktu itu view pertama terlihat monas, view kedua dari belakang yaitu gedung gedumng sekitar perpusnas. Saya datang kesana pagi menunggu hingga sore, tiba saat menuju magrib detik dimana ada sunset yang cantik, kami mempersiapkan kamera untuk mengambil foto sunset, mengatur posisi yang tepat untuk pemotretan agar hasilnya maksimal. Kemudian langit yang tiba tiba mendung dan gerimis deras pada waktu itu, padahal siang harinya sangat panas dan terik, saya sudah menduga akan seperti ini dan bahwa sunset nya tidak terlihat karena langit pada saat itu sangat gelap. Dengan segala pikiran negatif saya sedih, tentu. kami bertiga kecewa akan itu, kami putus asa dan memutuskan untuk pulang dan kembali besok hari. Pada waktu itu kita kesana kemari untuk melihat sunset muncul di belakang atau di depan gedung, posisi kita waktu itu ada di depan gedung view monas, kemudian salah satu dari kami melihat dan berjaga di belakang gedung dengan harapan siapa tau sunset muncul. Hingga ketika itu tiba tiba sunset terlihat dan saya sangat senang , dan kami senang dengan terburu buru karena momen golden hour sangat sebentar. Kami bertiga terharu, saya hampir menangis. Kami teriak kegirangan benar benar bahagia. Kami langsung segera memotret dengan tangan yang gemetar memegang kamera karena sunset pada saat itu sangat bagus sekali, walaupun muncul sedikit tetapi sangat indah dengan perpaduan warna jingga dan merah muda. Saya tenggelam dalam keindahan sunset waktu itu, sungguh kalimat tidak bisa menggambarkan senangnya kami.  Akhirnya kami mendapatkan pilihan foto yang banyak dan foto sunset yang sangat bagus dan pulang dengan lelah namun senang dan tenang. Ini adalah pengalaman estetis saya setelah saya melihat music video JVKE - golden hour saya teringat masa dimana saya melihat keindahan sunset pada saat itu. dan di samping tugas saya bisa melihat keindahan dan menikmati waktu menghargai waktu dimana saya dan teman saya susah payah untuk memotret keindahan sunset aka golden hour.


sekian terimakasih <3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1: Kajian Semiotika Pada Objek yang Ada di Sekitar Kita

Literature Review 20 Jurnal

Mitos, Metonimi dan Metafora pada Logo Grup Aespa versi 'Savage'