Tugas 1: Kajian Semiotika Pada Objek yang Ada di Sekitar Kita

Pendahuluan

Kali ini saya akan mengkaji objek berdasarkan pendekatan Semiotika atau Ilmu Membaca Tanda. Objek yang saya ambil yaitu Handuk. Mungkin terlihat biasa saja hanya sebuah handuk tetapi bagi saya sangat meninggalkan memori cerita di dalamnya. 

Saya memilih objek ini karena saya mempunyai pengalaman estetis yang sangat penuh haru. Handuk ini ialah pemberian Ibu almarhum teman baik saya di waktu SMP, teman baik saya ini bernama Rainetta. Dua hari terakhir pada hari UN Rainetta meninggal dunia karena sakit. Dan  pada waktu itu di hari perpisahan sekolah menengah saya sangat sedih ditambah lagi Ibu almarhum Rainetta datang ke sekolah mewakilinya untuk perpisahan sekolah dan memberikan hadiah handuk tersebut untuk saya dan teman-teman sekelas saya, dan sekaligus untuk menghadiri acara perpisahan sekolah. Untuk hadiah kenang - kenangan darinya.

Saat diberikannya handuk itu pada saya dan teman-teman, kami tidak berhenti menangis karena sangat terpukul. Pada saat itu juga Ibunya bercerita sekilas tentang perjalanan Rainetta melawan sakit yang dideritanya, dan memberikan sedikit nasihat kepada saya dan teman-teman sekelas saya.

Ibunya memberi nasehat kepada saya dan teman-teman sekelas saya tentang selalu menjaga kesehatan, menuruti perkataan orangtua, kemudian juga mengingatkan untuk selalu menjaga sholat 5 waktunya, karena katanya dimasa sakitnya almarhumah Rainetta tidak meninggalkan solat nya walaupun sedang sakit parah. Sontak dengan mendengar cerita dan nasihat dari Ibu almarhum saya sekelas menagis tersedu-sedu hingga semua makeup luntur pada saat itu menutup perpisahan sekolah dengan hati hancur berantakan. Akan tetapi dengan cerita ini membuat saya tersadar bahwa hidup memang tidak selalu tertawa kadang ada menangis nya juga apalagi kehilangan teman sebaya yang sangat akrab. Merasa dunia menghilang dan tidak berdaya. 


Isi 

Semiotika

Apa semiotika itu? semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu tanda dalam ilmu komunikasi tanda merupakan sebuah interaksi makna yang disampaikan kepada orang lain. Melalui tanda-tanda dalam berkomunikasi tidak hanya dengan bahasa lisan saja namun dengan tanda tersebut kita dapat berkomunikasi. Supaya tanda dapat dipahami secara benar membutuhkan konsep yang sama agar tidak terjadi salah pengertian. Namun seringkali banyak orang yang memiliki pemahamannya sendiri tentang makna suatu tanda dengan hal yang jadi latar belakang nya. Semiotika itu ada 3 yaitu sebagai berikut : 


1. Semantik :

Hubungan antara objek dengan tanda

Handuk pemberian dari ibu almarhum teman akrab saya ini sangat terpakai yang begitu selalu saya pakai saat saya sedang sedih untuk mengucap air mata saya dan saya peluk saat saya sangat merindukan almarhum sembari melihat fotonya di galeri.


2 Sintaksis :

Hubungan objek dengan konsep

Saya mempunyai pengalaman estetis yang sangat penuh haru. Handuk ini ialah pemberian Ibu almarhum teman baik saya di waktu SMP, teman baik saya ini bernama Rainetta. Dua hari terakhir pada hari UN Rainetta meninggal dunia karena sakit. Dan  pada waktu itu di hari perpisahan sekolah menengah saya sangat sedih ditambah lagi Ibu almarhum Rainetta datang ke sekolah mewakilinya untuk perpisahan sekolah dan memberikan hadiah handuk tersebut untuk saya dan teman-teman sekelas saya, dan sekaligus untuk menghadiri acara perpisahan sekolah. Untuk hadiah kenang - kenangan darinya.


3. Pragmatis :

Hubungan konsep dengan tanda

Saat diberikannya handuk itu pada saya dan teman-teman, kami tidak berhenti menangis karena sangat terpukul. Pada saat itu juga Ibunya bercerita sekilas tentang perjalanan Rainetta melawan sakit yang dideritanya, dan memberikan sedikit nasihat kepada saya dan teman-teman sekelas saya.


Penanda :

Handuk itu pemberian teman baik saya yang sudah meninggal dunia


Pertanda:

Pertanda disini ialah jika dengan melihat handuk itu saya kembali mengingat hari-hari menyedihkan pada saat saya SMP di mana itu handuk adalah suatu benda kenang-kenangan dari almarhum teman baik saya yang hanya bisa diberikan melalui ibunya karena di hari perpisahan yang sudah meninggal dunia. Dan mengingat ketika dulu saya bermain dengannya.


Kesimpulan :

Yang dapat saya simpulkan dari kajian semiotika ini yaitu handuk itu pemberian teman saya yang sangat berarti sekali untuk saya walaupun hanya sebuah handuk tetapi memiliki memori di dalamnya dan kenangan itu abadi.  Bahkan dengan mengkaji objek ian semiotika ini juga dapat sangat penting untuk mengetahui makna pada sebuah objek dengan mengetahui makna tersebut kita bisa menghargai setiap makna pada sebuah objek benda apapun itu, dan mengenang cerita yang ada didalam objek tersebut.


Terimakasih sudah berkenan membaca...











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Literature Review 20 Jurnal

Mitos, Metonimi dan Metafora pada Logo Grup Aespa versi 'Savage'