Abstrak Makna dan Unsur Desain Grafis pada Logo Grup Aespa Versi 'Savage'

 Abstrak 

Diana Herfryta Sari (202146500762)

Anisa Silfiana Putri (202146500787)

R4J

Analisis Semiotika  Roland Barthes pada Logo Grup Aespa Versi 'Savage'



Penelitian ini mengkaji mengenai logo Aespa versi 'Savage' sebagai logo produk dari perusahaan SM Entertainment. Penelitian ini menggunakan metode Kajian Pustaka  (studi literatur) dimana teknik yang digunakkan adalah mengumpulkan bahan bacaan dan literatur secara spesifik mengenai objek formal Desain Grafis Logo Aespa versi 'Savage' dan objek material Analisis Semiotika Roland Barthes . Analisisnya yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. 

Urgensi penelitian ini dilakukan untuk kebutuhan tugas mata kuliah Kajian Seni Rupa dan Desain, serta digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh desain logo yang ditampilkan terhadap kemajuan Aespa untuk mengubah pandangan masyarakat. Metodologi yang kami gunakan yaitu kualitatif deskriftif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur desain grafis yang terdapat pada logo Aespa versi Savage dan menganalisis logo aespa versi Savage dengan perspektif teori semiotika Roland Barthes.

 Objek yang kami kaji dikenal sebagai girlband dengan konsep dan warna musik yang unik, Aespa kembali mewarnai dunia musik dengan mini album terbarunya berjudul savage. Logo aespa versi savage masuk dalam kategori logogram atau logogram transform typo (logo gambar membentuk kata). Logo aespa ini terdiri dari bentuk atau ikon yang membentuk inisial dari album atau judul lagunya yaitu 'Savage'.

 Bentuk-bentuk yang menyatu tersebut merupakan identitas yang sengaja dihadirkan sesuai dengan tema yang dibawa oleh Aespa. Sesuai dengan pemikiran Roland Barthes yang melihat bahwa didalam tanda terdapat tingkatan denotasi dan konotasi. Logo yang telah menjadi sebuah identitas album mereka ini seakan memberikan standar bahwa girlgrup aespa memiliki konsep yang unik dan tidak ada sejarah sebelumnya.

Hasil dari penelitian kami sebagai berikut, 

Tandanya = logo aespa bersi savage

Denotasi = gabungan bentuk yang membentuk kata savage

Konotasinya = gabungan bentuk yang membentuk kata savage dibentuk sedemikian rupa mengusung dari tema unik yang aespa bawa yaitu girl crush dan rock n roll yang tegas.

Kesimpulan sementara yang kami dapatkan yaitu tampilan visual pada logo yang dihadirkan aespa versi savage ini mambawa identitas tersendiri bagi grup ini. Pada logo aespa versi savage menampilkan bentuk visual dan teks yang memiliki makna dan pembentukan karakter dari tema yang mereka bawa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1: Kajian Semiotika Pada Objek yang Ada di Sekitar Kita

Literature Review 20 Jurnal

Mitos, Metonimi dan Metafora pada Logo Grup Aespa versi 'Savage'